I'LL FOLLOW THE SUN

Love, Light, Live by galih sedayu

Melihat Jakarta

leave a comment »

Teks : galih sedayu

Menceritakan kota metropolitan yang satu ini seolah-olah memang tiada habisnya. Ialah Jakarta, sebuah kota yang ditahbiskan menjadi ibu kota negara Indonesia, yang selalu menyimpan sejumlah harapan bagi para warga yang mengadu nasib dan  menetap di sana. Berbagai sebutan pun melekat untuk Kota Jakarta sejak dulu dari mulai Sunda Kelapa, Jayakarta hingga Batavia. Hingga kini, pada akhirnya Kota Jakarta menjadi sebuah sentral segala informasi pemerintahan dan diharapkan menjadi salah satu simbol pencitraan sebuah kota yang dapat mewakili tanah air dalam hal pembangunan serta kemajuan ekonomi.

Agar dapat melihat secara aktual bagaimana sebenarnya denyut nadi perkembangan Kota Jakarta saat ini, tentunya diperlukan sebuah medium sederhana yang sejatinya dapat menjadi alat bantu masyarakat untuk meneropong segala hal yang terjadi di Kota Jakarta. Media fotografi dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengungkap kembali cuplikan-cuplikan kehidupan keseharian Kota Jakarta. Untuk itulah wargajakarta.com bekerjasama dengan salam jakarta dan air foto network, menghadirkan sebuah program yang bernama “Jakarta Kita Photo Awards” yaitu Kompetisi Fotografi perihal Kota Jakarta kini. Kompetisi fotografi ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu foto aktivitas masyarakat Kota Jakarta, foto pembangunan Kota Jakarta serta foto seni & budaya Kota Jakarta. Kompetisi foto ini berhasil menjaring 151 peserta dari seluruh Indonesia, dengan jumlah karya foto yang masuk sebanyak 690 karya. Penjurian kompetisi foto ini dilakukan oleh para dewan juri yang terdiri dari Dudi Sugandi (wartawan foto), Galih Sedayu (fotografer & pegiat fotografi) dan Rully Kesuma (jurnalis).

Untuk itulah himpunan karya foto yang telah diabadikan oleh para fotografer tanah air ini, layak untuk dipersembahkan ke dalam sebuah jurnal fotografi. Jurnal fotografi ini sudah semestinya ada agar rekaman-rekaman hening yang tercipta dari mata dan hati masing-masing pemotret setidaknya dapat memberikan jejak kecil bagi sejarah baru Kota Jakarta. Jurnal fotografi kali ini memang tidak menyuguhkan cerita Kota Jakarta yang muram & gelap, melainkan citra Kota Jakarta yang optimis. Dengan demikian seluruh karya foto yang merefleksikan segala hal baik yang terjadi di Kota Jakarta, setidaknya dapat menjadi kumpulan doa dan harapan bersama bagi warganya. Walaubagaimanapun kita harus percaya bahwa segala hal apapun yang pada mulanya diselimuti kebaikan, pada akhirnya akan menghasilkan nilai yang sama sesuai dengan apa yang telah kita berikan. Karenanya berikanlah segala hal yang terbaik dari milikmu bagi kota yang kamu cintai.

*Tulisan ini dibuat sebagai kata pengantar Jurnal Fotografi “Jakarta Kita Photo Awards” yang diadakan oleh Salam Jakarta & wargajakarta.com

Bandung, 7 September 2012

Advertisements

Written by Admin

September 9, 2012 at 5:27 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: