I'LL FOLLOW THE SUN

Love, Light, Live by galih sedayu

Simpati Untuk Bandung Selatan

leave a comment »

Foto & Teks : galih sedayu

Hati alam memang tak pernah bisa ditebak. Kadang ia bisa menunjukkan kegembiraannya, kadang ia dapat mengeluarkan amarahnya sekonyong-konyong. Meski sudah sejak dulu sesungguhnya alam mengajarkan kita dengan sangat jelas, perihal dampak apa yang akan kita peroleh sebagai konsekuensi perbuatan kita terhadap alam. Bila kita memperlakukan alam ini dengan baik, maka ia pun akan berbaik hati terhadap kita. Begitu juga sebaliknya. Ia dapat menaikkan kabut dari ujung bumi, membuat kilat mengikuti hujan & mengeluarkan angin beserta banjir dari dalam perbendaharaannya. Itu yang akan terjadi bila segala tindakan kita malahan kerap merusak alam ini. Karenanya karma alam adalah inti dari keseimbangan semesta.

Minggu 18 November 2012. Hujan lebat disertai angin telah mengguyur Komplek Cingcin Permata Indah (CPI), Desa Gandasari, Kecamatan Ketapang, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat sejak pukul 2 siang hingga pukul 10 malam. Bila melihat foto sebuah jam dinding yang jarumnya telah mati dan berada di atas tembok rumah Ibu Dadan (salah satu penduduk komplek CPI), diperkirakan sekitar pukul 18.17 WIB banjir bandang telah menerjang dengan ganas bersamaan dengan meluapnya air sungai dari arah belakang komplek CPI. Akibat dari hantaman air yang bercampur lumpur & sampah tersebut, tembok rumah milik Ibu Dadan pun langsung jebol seketika hingga membuat sebuah lubang besar sebagai bekasnya. Untungnya Ibu Dadan beserta keluarganya telah memiliki ritual yang sudah sejak lama dilakukan yaitu mengungsi tatkala hujan deras tiba. Penduduk setempat pun mengatakan bahwa pada sekitar pukul 8 malam, ketinggian air sudah mencapai 3 meter di komplek CPI. Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, ada sekitar 300 rumah yang terendam air & banjir di hari yang naas tersebut.

Dan atas nama solidaritas beserta kemanusiaan, berbagai bantuan pun hadir di tengah penderitaan yang dialami oleh warga korban banjir bandung selatan. Meski kita sadar bahwa bencana banjir itu disebabkan karena ulah manusia juga, namun kita tidak boleh berhenti dalam urusan mengulurkan tangan. Sebab di sanalah martabat kita sebagai seorang manusia diuji. Bagaimana ketulusan kita untuk menyediakan pertolongan dalam bentuk apapun. Saat ini bantuan bisa disalurkan melalui posko aksi bandung (twitter @aksibandung) di Jalan Purnawarman 70 Bandung. Atau dapat langsung menghubungi BPBD Kabupaten Bandung, Jalan Bandung-Soreang KM 17, Telp.022-85872591/76914288. Untuk donasi melalui tim @aksibandung, para sahabat bisa melakukan transfer ke rek BCA 0860437813 atas nama Puji Apriantikasari. Tentunya bencana alam ini tidak berakhir di tempat ini saja. Pada saat yang bersamaan ternyata masih ada musibah banjir & tanah longsor yang terjadi di Banjaran, Majalaya, Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Soreang, Kutawaringin, dan daerah lainnya. Apa yang telah kita bangun selama bertahun-tahun lamanya, mungkin akan hancur dalam sekejap oleh bencana alam. Meski begitu tetaplah membangun. Bantuan yang kita berikan kepada korban bencana alam, mungkin saja tidak cukup bagi mereka. Meski begitu tetaplah membantu. Karena dengan tindakan kecil itulah kita menjadi alas hidup yang abadi bagi sesama.

Bandung, 19 November 2012

copyright (c) 2012 by galih sedayu
all right reserved. no part of this writting & pictures may be reproduced in any form or by any means, electronic or mechanical including photocopy, recording or any another information storage and retrieval system, without prior permission in writing from photographer.

Advertisements

Written by Admin

November 19, 2012 at 12:58 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: