I'LL FOLLOW THE SUN

Love, Light, Live by galih sedayu

Refleksi & Jejak Jaman Di Gunung Padang

with one comment

Foto & Teks : galih sedayu

“History is a cyclic poem written by time upon the memories of man”
-Percy Bysshe Shelley-

Ketika umat manusia mengalami berbagai peradaban jaman di dunia yang sudah sangat tua ini, tentunya sebagian peradaban tersebut kerap menyisakan jejak-jejak fisik sebagai bukti keberadaannya sekaligus kebesaran yang diwariskan olehnya. Jaman Megalitikum misalnya. Sebuah jaman prasejarah dimana manusia pada saat itu menggunakan batu-batu besar sebagai wujud ekspresi kebudayaan yang tercipta. Beberapa Situs Megalitikum di dunia pun menjadi saksi bisu peradaban nenek moyang kita di masa silam. Sebut saja Stonehenge yang berada di Wiltshire, Inggris. Sebuah lingkaran yang terdiri dari batu-batu besar berdiri tegak menapak tanah tersebut menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi dan dijadikan bahan penelitian oleh para penjelajah kebudayaan.

Indonesia pun ternyata sedikit banyak menyisakan tempat yang mencatat jejak-jejak kebesaran jaman megalitikum tersebut. Salah satunya adalah Gunung Padang. Situs megalitik ini tepatnya berada di Desa Haryomukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lokasi Gunung Padang ini berada di pedalaman perkebunan teh yang dikelilingi oleh empat buah gunung yaitu Gunung Emped, Gunung Karuhun, Gunung Pasir Malang dan Gunung Pasirpogor. Situs ini berada di puncak bukit dan merupakan sebuah area berupa punden berundak yang terdiri dari lima tingkat dengan hamparan bebatuan berbentuk persegi panjang. Sebagian batu-batu tersebut ada yang tidur tertanam dan ada pula yang berdiri tegak di atas tanah. Untuk mencapai situs tersebut dari dasar, jalan yang ditempuh mesti melalui ratusan tangga batu yang curam setinggi 95 meter. Luas area inti Situs Gunung Padang ini sekitar 4000 m dari luas area keseluruhan yaitu 10.000 meter. Usia Gunung Padang diperkirakan antara 2500 hingga 1500 Sebelum Masehi (SM).

Banyak versi yang menyebutkan tentang asal usul Situs Gunung Padang ini. Sebagian ada yang menyebutkan bahwa tempat tersebut dulunya merupakan tempat untuk pemujaan bagi arwah nenek moyang. Lalu menurut cerita masyarakat setempat bahwa Gunung Padang merupakan tempat yang digunakan oleh Prabu Siliwangi (Raja Kerajaan Sunda Padjajaran) sebagai tempat berkumpul dengan para raja pada masa itu. Sebenarnya catatan pertama kali tentang Situs Gunung Padang ini dibuat oleh seorang ilmuwan asal Belanda yang bernama Dr. N.J.Krom sekitar tahun 1914 sebagai bahan laporan tahunan Dinas Purbakala Hindia Belanda. Lalu pada tahun 1979, situs ini dilaporkan kembali oleh masyarakat setempat kepada pemerintah daerah. Setelah itu makin banyak para ahli arkeologi yang melakukan penelitian di Gunung Padang dengan berbagai kesimpulan yang tentunya masih menyisakan berbagai kontroversi tentang kebenarannya.

Bagi saya, Situs Gunung Padang ini sebenarnya merupakan sebuah refleksi & jejak jaman yang saya hadirkan kembali melalui cuplikan beku karya fotografi. Sebagai sebuah jeda agar kita dapat terus melangkah ke depan dengan tetap menghayati masa lampau. Karena fotografi tidak sekedar menyuguhkan gambar belaka melainkan sarat dengan pesan dan harapan bagi kelangsungan hidup umat manusia di muka bumi. Ratusan, ribuan & jutaan rekaman visual foto itu memang semestinya ada sebagai pengingat dan media kontemplasi bagi milyaran manusia yang terus menciptakan kebudayaan dunia. Sehingga dunia selalu melihat bahwa manusia lah yang mendiami bumi ini hingga berakhirnya sebuah peradaban.

Gunung Padang, Cianjur, 10 Juni 2011

copyright (c) 2011 by galih sedayu
all right reserved. no part of this writting & pictures may be reproduced in any form or by any means, electronic or mechanical including photocopy, recording or any another information storage and retrieval system, without prior permission in writing from photographer.

Advertisements

Written by Admin

June 18, 2011 at 3:17 pm

One Response

Subscribe to comments with RSS.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: