I'LL FOLLOW THE SUN

Love, Light, Live by galih sedayu

Kata Sambutan Menparekraf Sandiaga Uno di Acara Peluncuran Karisma Event Nusantara (KEN)

leave a comment »

Teks oleh: galih sedayu

***

KATA SAMBUTAN

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Pada Peluncuran Kharisma Event Nusantara (KEN) 2021

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum
 Warahmatullahi Wabarakatuh,

Selamat
 Malam,
Salam
 Sejahtera bagi kita semua, Om Swastyastu,
Namo
 Buddhaya, Salam Kebajikan.

Salam Indonesia Maju, Salam Sehat Penuh Semangat

Pergi ke pasar naik delman istimewa

Membeli buah manis rasanya

Sungguh bangga Nusantara

Punya event yang berkharisma

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas rahmat dan karuniaNya pada hari ini kita bersama-sama dapat meluncurkan “Kharisma Event Nusantara (KEN) 2021”, yang kita laksanakan pada hari ini, Sabtu 10 April 2021.

Selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan atas nama seluruh keluarga besar Kemenparekraf / Baparekraf RI, Kami menghaturkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Presiden Republik Indonesia yang terus mendorong penyelenggaraan kegiatan (events) sebagai salah satu upaya menggerakkan ekonomi nasional ; Kepada Kapolri dan jajarannya hingga ke daerah atas komitmennya memberikan ijin dan turut mengawal pelaksanaan kegiatan (events) yang telah menerapkan prinsip CHSE ; Kepada Satgas Covid-19 dan Kemenkes yang bersama kemenparekraf telah menyusun dan mengevaluasi panduan CHSE khususnya terkait event dan MICE ; Kepada asosiasi, penyelenggara event, komunitas, dan semua pekerja kreatif atas semangat juangnya yang tinggi untuk tetap kreatif serta terus mencari solusi terbaik agar dapat kembali menyelenggarakan kegiatan (events)khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan menerapkan prinsip CHSE.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) memiliki visi yaitu pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia yang maju, berdaya saing, berkelanjutan, serta mengedepankan kearifan lokal dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong.

Untuk itulah Kemenparekraf berencana mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan menerapkan 3 hal yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi, termasuk tentunya dalam mengembangkan penyelenggaraan kegiatan (events) di Indonesia yang merupakan salah satu ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif.

Saudara-saudara yang kami cintai,

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak tahun 2020, menjadi masa yang sangat berat dan penuh tantangan bagi kita semua. Dampak pandemi ini begitu sangat pahit dirasakan bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk di dalamnya adalah penyelenggaraan kegiatan (events). Keadaan tersebut akhirnya memaksa kita semua untuk menekan semaksimal mungkin segala kegiatan (events) yang memiliki interaksi sosial bahkan juga mengharuskan kita untuk memencet tombol off. Akibatnya banyak kegiatan (events) yang terpaksa harus dibatalkan, demi mencegah terjadinya kerumunan orang.

Padahal penyelenggaraan kegiatan (events) sejatinya merupakan momentum yang paling dinanti dan diharapkan oleh seluruh masyarakat karena dapat menciptakan kesenangan (enjoyment), dapat menciptakan keterikatan (engagement), dapat menciptakan pengalaman (experience), serta dapat menciptakan pemberdayaan (empowerment). Sehingga pada akhirnya berbagai kegiatan (events) yang dilaksanakan akan menghasilkan dampak yang signifikan baik itu dari segi ekonomi, sosial & budaya, serta lingkungan. Hal-hal positif inilah yang membuat kita merindukan kembali penyelenggaraan kegiatan (events) di tanah air.

Saudara-saudara yang kami cintai,

Atas dasar itulah, Kemenparekraf telah menyusun dan merancang program Kharisma Event Nusantara (KEN) yang merupakan kalender event nasional, sebagai wujud nyata tindak lanjut arahan Bapak Presiden Republik Indonesia, agar kita bisa mulai melangkah demi membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya dalam mempertahankan jumlah lapangan kerja dan perputaran ekonomi imbas pandemi Covid-19.

Kharisma Event Nusantara (KEN) merupakan program strategis Kemenparekraf dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui penyelenggaraan kegiatan (events) yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan nusantara agar berwisata di Indonesia.

Program ini sebenarnya menyempurnakan program Calendar of Events (CoE) yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Kemenparekraf/Baparekraf RI sejak tahun 2018, dimana dahulu Kemenparekraf memilih dan menentukan 100 events dan Top 10 events yang masuk ke dalam CoE.

Namun karena situasi pandemi Covid-19 serta perlunya menyesuaikan dengan bentuk adaptasi kebiasaan baru, maka program Kharisma Event Nusantara ini dirasa perlu dihadirkan untuk menjawab berbagai tantangan yang ada dalam wujud program yang baru.

Saudara-saudara yang kami cintai,

Pada Kharisma Event Nusantara kali ini Kemenparekraf memilih dan menentukan 10 kegiatan terbaik (Top 10 Events), 10 kegiatan terbaik skala internasional (Top 10 International Events), 10 kegiatan terbaik skala nasional (Top 10 National Events), 10 kegiatan terbaik skala regional (Top 10 Regional Events), serta kegiatan terbaik dari masing-masing provinsi di Indonesia (The Best Events of Province).

Kharisma Event Nusantara (KEN) diawali dengan pengajuan proposal kegiatan (events) melalui satu pintu yang diusulkan dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Agar proses pemilihan dan penentuan sejumlah kegiatan (events) terbaik Indonesia yang masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara ini dapat berjalan dengan baik, maka dibentuklah tim kurator independen yang bertugas untuk untuk membantu menyusun dan menentukan kriteria pemilihan kegiatan (events), mengkaji dan menganalisa proposal kegiatan (events), serta melakukan komunikasi dan dialog dengan para penyelenggara dan pelaksana kegiatan (events).

Proses kurasi ini dilakukan untuk menyaring dan mendapatkan kegiatan (events) yang berkualitas, sehingga bentuk pendukungan yang akan diberikan kepada para penyelenggara kegiatan (events) nanti akan lebih jelas dan terukur. Baik itu pendukungan berupa perencanaan dan pendampingan kegiatan, promosi kegiatan, sarana dan prasarana kegiatan, pelaksanaan kegiatan, pengisi kegiatan, serta riset dan data kegiatan.

Seluruh kegiatan yang masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara ini secara umum dipilih dan ditentukan berdasarkan tiga aspek yaitu aspek kreativitas berbasis teknologi digital dan inovasi (digital 4.0), aspek kolaborasi berbasis potensi lokal (local wisdom) dan pemberdayaan masyarakat (empowering), serta aspek adaptasi berbasis protokol CHSE (cleanliness, health, safety, dan environment sustainability).

Pada akhirnya penyelenggaraan kegiatan (events) yang dilaksanakan di Indonesia dan didukung oleh Kemenparekraf mulai saat ini akan sangat memperhatikan faktor kualitas ketimbang kuantitas. Oleh karena itu kami berharap bahwa setiap kegiatan (events) yang akan dilaksanakan nanti dapat menghasilkan dampak yang signifikan baik itu dari sisi ekonomi, sosial dan budaya, serta lingkungan”.

Saudara-saudara yang kami cintai,

Pada kesempatan yang berharga ini, kami menyampaikan apresiasi kepada para Pemerintah Daerah dan Dinas Pariwisata seluruh Indonesia atas konsistensinya untuk tetap melestarikan Calendar of Events daerahnya pada tahun 2021 ini. Hal ini menunjukkan adanya semangat untuk membangkitkan dan meningkatkan kembali industri pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah masing-masing.

Tentunya pelaksanaan kegiatan (events) ke depan perlu memperhatikan situasi dan kondisi yang terjadi di negara ini, mengingat pandemi masih berlangsung dan proses vaksinasi nasional sedang giat dilaksanakan.

Menurut saya pelaksanaan kegiatan (events) di masa pandemi sebaiknya mengacu kepada konsep Localize, Personalize, Costumize, dan Smaller in Size. Secara singkatnya bahwa setiap kegiatan (events) saat inisebaiknyadapat menggali potensi lokal dan memberikan manfaat bagi masyarakat lokal, dapat memberikan kesan dan pengalaman yang terbaik bagi wisatawan, dapat menentukan target dan sasaran pengunjung yang jelas, serta dapat menerapkan bentuk hybrid dengan ukuran yang lebih kecil.

Saya berharap bahwa pelaksanaan kegiatan (events) yang telah mulai dilakukan saat ini dengan memperhatikan protokol CHSE, dapat membantu untuk memantik kembali api kreativitas di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi di Indonesia.

Madu manis tiada tara

Tetap enak disimpan lama

Kharisma Event Nusantara

Mari kita dukung bersama

Maju terus Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia!

Terima kasih,

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Om
 Shanti Shanti Shanti Om,
Namo
 Buddhaya,
Salam kebajikan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia

Sandiaga Salahuddin Uno

Written by Admin

April 24, 2021 at 4:49 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: