I'LL FOLLOW THE SUN

Love, Light, Live by galih sedayu

“Upaya Menyelesaikan Bandung” | Foto Cerita Perjalanan Fiki Satari Sebagai Bakal Calon Wali Kota Bandung 2018 – 2023

leave a comment »

Teks & Foto : galih sedayu

9 tahun lamanya saya menjalin persahabatan dengan Fiki Satari. Tepatnya tahun 2008 di Kota Bandung, dimana saya dipertemukan serta diperkenalkan dengan seorang Fiki Satari bersamaan dengan Ridwan Kamil yang kini menjadi Wali Kota Bandung. Momen Helar Fest, sebuah festival kota yang digagas oleh Bandung Creative City Forum {BCCF} menjadi saksi waktu awal perkenalan saya dengan kedua orang yang kini menjadi sahabat baik tersebut. Ridwan Kamil & Fiki Satari adalah dua orang sahabat yang banyak menghadirkan perubahan dalam hidup saya kelak. Berkat daya magnet mereka berdua, saya pun akhirnya masuk ke dalam “Jebakan Batman” dan terjun menjadi “Volunteer” di organisasi nirlaba BCCF yang baru mereka dirikan pada tahun itu. Saat itu Ridwan Kamil menjadi ketua BCCF, Fiki Satari menjadi Direktur Program BCCF dan saya pun langsung diminta menjadi Sekertaris Program BCCF. Entah kenapa saya seperti dihipnotis dan langsung terpikat untuk bergabung dengan pergerakkan mereka serta terlibat aktif dalam menjalankan program-program yang kelak tercatat manis oleh sejarah Kota Bandung. Dari mulai aktivasi ruang publik, kampanye lingkungan hidup, pendidikan kreativitas, pemberdayaan warga kota, hingga jejaring komunitas, semuanya dilakoni dengan senang hati.

Pada tahun 2013, ternyata takdir menyatakan pesannya pada sahabat saya Ridwan Kamil untuk menjadi Wali Kota Bandung hingga tahun 2018. Bersamaan dengan berakhirnya masa kepemimpinan Ridwan Kamil sebagai ketua BCCF dan dimulainya tanggung jawab baru sebagai Wali Kota Bandung, maka setelah itu tongkat estafet kepemimpinan BCCF periode 2013 – 2018 dipegang oleh Fiki Satari. Saya pun menggantikan Fiki Satari sebagai Direktur Program BCCF. Alhasil setelah itu, saya banyak menghabiskan waktu bersama Fiki Satari di organisasi BCCF dengan segudang programnya. Dengan program-program unggulan BCCF di era Fiki Satari yakni Helarfest, Kampung Kreatif, Simpul Institute, dan DesignAction.bdg, organisasi ini bertransformasi menjadi sebuah gerakan komunitas yang lebih matang dengan menerapkan metodologi “Design Thinking” serta konsep “Urban Acupuncture” dalam melahirkan jejak-jejak kreativitas bagi Kota Bandung. Kini BCCF semakin pesat berkembang dan menjadi pusat perhatian komunitas lain di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Waktu demi waktu berlalu, dan karena waktu itu pula saya semakin mengenal pribadi seorang Fiki Satari. Bagi saya, Fiki Satari adalah seorang pria yang penuh tanggung-jawab, seorang pemuda yang kreatif, seorang ayah yang humanis, serta seorang sahabat yang tulus. Dari Fiki Satari saya banyak belajar tentang bagaimana membangun sebuah tim, bagaimana melahirkan kolaborasi, dan bagaimana mencari solusi dari setiap permasalahan. Ia seorang pemuda yang penuh energi, memiliki semangat dan pantang menyerah. Fiki Satari menjadi semacam perekat dan tali simpul yang baik bagi keberlangsungan sebuah persahabatan maupun organisasi. “Menyelesaikan sesuatu” barangkali adalah nama tengah yang layak disandang olehnya.

Seabrek kesibukan dan tanggung jawab digeluti oleh Fiki Satari demi kecintaan dan “Rasa Nyaah” nya terhadap Kota Bandung. Fiki Satari adalah Pemilik, Produser Eksekutif M4AI Records Independent Music Company (2002 – sekarang), dengan The Milo sebagai salah satu artist yang diorbitkan. Fiki Satari adalah Pelopor Tim Kelompok Kerja Ekonomi Kreatif Rumah Transisi Jokowi-JK (2012), yang mengampu tugas untuk menyusun lembar kerja bidang Ekonomi Kreatif. Fiki Satari adalah Formatur & Pengarah Indonesia Creative Cities Network / ICCN (2012 – sekarang), sebuah jejaring kabupaten & kota kreatif di Indonesia. Fiki Satari adalah Ketua Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Kota Bandung (2017 – 2019) yang diinisiasi oleh PBNU. Fiki Satari adalah Host yang mengampu acara bincang-bincang di Radio PRfm dengan tajuk Muda.bdg (2013 – 2017). Fiki Satari adalah Pemilik PT. Idealog Komunikasi Kreatif (2015 – sekarang). Fiki Satari adalah Ketua Karang Taruna Kota Bandung (2014 – 2019). Fiki Satari adalah Mentor Creative & Cultural Entrepreneurship Program, Master of Business Administration, Institute of Technology Bandung / CCE MBA ITB (2013 – 2015). Fiki Satari adalah Ketua Tim Dossier UNESCO Creative Cities Network Management Team for Bandung (2012 – 2015), dimana pada tanggal 11 Desember 2015 UNESCO menerima Bandung dalam Jejaring Kota Kreatif tersebut. Fiki Satari adalah Dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran Bandung (2008 – sekarang). Fiki Satari adalah ketua Kreative Independent Clothing Kommunity / KICK (2006 – 2009), yang merupakan gabungan para pelaku indutri clothing. Fiki Satari adalah pendiri Airplane Systm (1998 – sekarang), salah satu brand fesyen lokal kebanggaan Bandung. Dan masih banyak lagi “Fiki Satari adalah” lainnya, yang tentunya tak bisa disebutkan satu persatu.

Namun ternyata Sang Semesta membuka sebuah jalan lain bagi Fiki Satari di tahun 2017 ini. Dengan tekad yang bulat, Fiki Satari menyatakan dan memberanikan dirinya untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Bandung periode 2018 – 2023. Meski ia sadar bahwa keputusannya adalah sebuah proses dan perjalanan panjang, namun ia siap mengambil tanggung jawab itu dan akan memulai pertarungan tersebut dengan segala resikonya. Baginya alasan yang paling kuat adalah karena Bandung itu sendiri. Kota yang menjadikannya manusia hingga seperti sekarang. Kota yang sangat layak untuk diperjuangkan.

Pada tanggal 6 Juli 2017, Fiki Satari mulai mendaftarkan dirinya ke kantor Partai Demokrat sebagai salah satu bakal calon Wali Kota Bandung. Kemudian pada tanggal 6 Agustus 2017, Fiki Satari mendapat kesempatan untuk mengikuti Konvensi Bakal Calon Wali Kota Bandung 2018 – 2023 dari Partai Demokrat yang bertempat di Gedung GOR Padjajaran Bandung. Di depan peserta yang memadati acara konvensi tersebut, Fiki Satari memaparkan visi & misinya sebagai bakal calon pemimpin Kota Bandung dengan sederhana dan jelas. Di akhir acara, orang pertama yang ia hampiri dan ia peluk adalah ibunya. Karena ia tau benar bahwa tak mungkin menjalani ini semua tanpa restu dan doa dari ibunya. Setelah bertemu dengan istri dan anak-anaknya, Fiki Satari pun menghampiri para pendukungnya. Kemudian ia mengutarakan agar kita semua harus bisa menikmati prosesnya dalam suasana yang penuh damai. Ia pun menghimbau agar tak boleh ada kata benci atau hujatan yang keluar dari para pendukungnya yang dilontarkan terhadap para bakal calon Wali Kota Bandung lainnya.

Teruntuk sahabatku Kang Fiks…

Doa terbaik akan selalu saya lantunkan setiap hari untuk menemani perjalanan Kang Fiks yang berliku ini. Kiranya tetap berkarya, tetap mewarta, tetap bercahya demi Bandung. Jika Sang Semesta belum menentukan takdirnya agar Kang Fiks menjadi pemimpin Kota Bandung, maka terimalah dan tetap melakukan sesuatu untuk Bandung. Namun jika Sang Semesta menyatakan takdirnya sehingga kelak Kang Fiks menjadi pemimpin Kota Bandung, maka bersyukurlah dan pimpinlah Bandung dengan jejak nyata. Agar cita-cita menyelesaikan Bandung menjadi tuntas. Agar semangat melayani Bandung menjadi pemantiknya. Karena Bandung bukan hanya kota, namun Bandung adalah kita. Karena kita Bandung akan tetap ada. 

DSCF4254

DSCF4257

DSCF4272

DSCF4278

DSCF4293

DSCF4296

DSCF4301

DSCF4307

DSCF4309

DSCF4325

DSCF4332

DSCF4350

DSCF4354

DSCF5084

DSCF5054

DSCF5060

DSCF5110

DSCF5161

DSCF5184

DSCF5188

DSCF5208

DSCF5216

DSCF5231

DSCF5260

DSCF5295

DSCF5306

DSCF5313

DSCF5331

DSCF5334

DSCF5135

DSCF5142

DSCF5347

DSCF5360

DSCF5371

Copyright (c) by galih sedayu
All right reserved. No part of this pictures may be reproduced in any form or by any means, electronic or mechanical including photocopy, recording or any another information storage and retrieval system, without prior permission in writing from photographer.

Advertisements

Written by Admin

August 10, 2017 at 11:52 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: